Rabu, 09 November 2011

Santri Langitan Siap Bersaing dengan Dunia Luar


Sebagai bentuk komitmen Pondok Pesantren dalam bersaing dengan dunia luar oleh pengurus para santri di adakan pelatihan pembuatan Pupuk Bokashi dan Pakan ternak selama lima hari penuh. Kegiatan yang dimulai tanggal 24 sampai 28 september ini bekerja sama dengan Bina Lingkungan PT Cemen Gresik.
Peserta yang berjumlah 120 orang di bagi menjadi empat ruang dengan pembagian 2 Ruang untuk Pelatihan pembuatan Pupuk Bokashi dan dua Ruang untuk pembuatan pakan ternak . kegiatan yang berlokasi di Gedung KESAN ( Keluarga santri dan Alumni ) tersebut dimulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 12.00 Wib di sela waktu itu para serta diberikan materi sekaligus praktek sesuai dengan klasifikasi kelas masing – masing. Tujuan dari pelatihan
tersebut adalah memahamkan para santri agar senantiasa lebih ikut dalam melestarikan alam, karena banyak hal yang selama ini kita anggap remeh namun jika kita bisa mengolahnya maka akan menjadi sesuatu hal yang berharga. Seperti Jerami padi yang mungkin banyak oleh petani di bakar pada sawah tersebut tanpa memperhatikan linkungan sekitar bahkan jika hal itu dilakukan maka dapat menyumbat aliran yang akan mengembangkan atau menyuburkan tanah dan tanaman. Namun jika kita bisa mengolahnya maka hal itu dapat menjadikan sebaliknya, tanah dapat subur tumbuhan pun akan menjadi hijau dengan cara jerami padi di olah dengan cara fermentasi. Adapun kedepan setelah para santri diberi wawasan cara pembuatan pakan ternak dan pupuk bokashi maka para santri akan bekali modal untuk menjadi wirausaha  santi mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar